4, sisitem informasi manajemen, anggia putri rahayu, hapzi ali, terbentuknya kantor maya, mercu buana, 2018
Terbentuknya
kantor maya
Konsep virtual
office diterapkan pertama kali di kantor regional Xerox di Waltham, Negara
bagian Massachusetts. Xerox memutuskan memakai konsep ini karena konsep
konvesional di mana sebuah kantor dengan computer mainframe yang menyimpan data
base maupun mengelolah penjualan produk, salesman, inventory dan sekelompok
salesman yang akan mendatangi calon pembeli pada daerah masing – masing, di
mana jika terjadi transaksi akan melewati banyak langkah kerja. Adanya gagasan
tentang virtual office dikarenakan kesibukan orang yang semakin banyak, dan
tidak mungkin ada di dua tempat. Oleh karena itu, orang mulai memikirkan bagaimana
bisa mengurus banyak bisnis sekaligus tanpa menggunakan banyak waktu dan biaya
untuk pertemuan langsung. Apalagi jika bisnis itu bertaraf internasional sampai
ke lain benua. Dan pekerjaan kantor dapat dilakukan pada lokasi geografis
manapun selama tempat kerja tersebut terhubung dengan lokasi tetap perusahaan
melalui sejenis komunikasi elektronik.
Kantor maya muncul karena perkembangan tekhnologi computer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk berpindah – pindah atau mobile sehingga pemanfa’atan sarana telekomunikasi khususnya telepon seluler semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi jaringan internet untuk melakukan hal – hal yang sifatnya teleprocessing (ATM dan e-commerce) tumbuh pesat. Hal – hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di kantor – kantor besar mendorong tumbuhnya kantor maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun. Teknologi dunia sudah sangat pesat sekali,dari tiap tahun ke tahun pasti mengalami perubahan yang hebat pada kehidupan. Apalagi di indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan sudah banyak sekali sudah perusahaan-perusahaan besar yang berdiri. Sehingga banyak perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil berlomba-lomba untuk menerapkan teknologi yang ada maka dari itu Setiap perusahaan itu pastinya akan memiliki cabang-cabang perusahaan.
Kantor maya muncul karena perkembangan tekhnologi computer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk berpindah – pindah atau mobile sehingga pemanfa’atan sarana telekomunikasi khususnya telepon seluler semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi jaringan internet untuk melakukan hal – hal yang sifatnya teleprocessing (ATM dan e-commerce) tumbuh pesat. Hal – hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di kantor – kantor besar mendorong tumbuhnya kantor maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun. Teknologi dunia sudah sangat pesat sekali,dari tiap tahun ke tahun pasti mengalami perubahan yang hebat pada kehidupan. Apalagi di indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan sudah banyak sekali sudah perusahaan-perusahaan besar yang berdiri. Sehingga banyak perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil berlomba-lomba untuk menerapkan teknologi yang ada maka dari itu Setiap perusahaan itu pastinya akan memiliki cabang-cabang perusahaan.
Persepsi saya mengenai kantor maya, bisnis ini bagus
dijalankan karena menghemat waktu juga menghemat biaya. Dengan menhemat waktu
maksudnya kita sebagai pembisnis bisa melakukan transaksi jual-beli kapan saja.
Dan maksud dari menghemet biaya itu kita sebagai pemilik bisnis tidak perlu
menyewa lahan membangun perusahaan,cukup
dengan membuat website atau social media lain nya di internet
Information systems are
developed to support organizatinal levels and areas
Sistem informasi digunakan untuk
memenuhi kebutuhan informsi umum para manager perusahaan, dimana sistem
informasi eksekutif dirancang untuk digunakan oleh manager tingkat strategis
perusahaan dan 5 sistem informasi seperti: sistem informasi pemasaran, sistem
informasi produksi, sstem informasi keuangan, sistem informasi SDM dan sistem
informasi sumber daya informasi,dirancang untuk tingkat lebih rendah.
Sistem-sistem ini dirancang khusus untuk organisasi fisik, yaiu cara bagaimana
sumber daya fisik (manusia,bahan baku,mesin,dan uang) dialokasikan ke area-area
fisik perusahaan-anak perusahaan global,divisi,wilayah,distrik,cabang dst.
Bidang aplikasi sistem
informasi yang banyak dipakai perkntoran
1.pengolah
kata
Pengolahan
kata adalah penggunaan alat elektronik(komputer) yang secara otomatis
menyediakan banyak fasilitas yang diperlukan untuk menyiapkan, menyimpan, dan
mencetak dokumen seperti surat,naskah buku,jurnal,paper,dsb.
2.surat
elektronik
Surat
elektronik atau email adalah penggunaan peralatan elektronik yang berada dalam
suatu jaringan seperti LAN atau internet untuk menympaikan surat ke komputer
lainnya. Setiap oang yang memiliki email harus memiliki email account terlenih
dahulu. Ketika seseorang mengirim email ke suatu alamat maka surat itu akan disampaikan ke mailbox
yang sesuai alamat tersebut. Penerima email akan menerima surat ini saat dia
membuka mailbox nya.
3.surat
suara
Surat
suara atau voice mail serupa dengan email tetapi bedanya voice mail
mengharuskan pesan yang direkam dalam bentuk suara kemudian disimpan pada
mailbox penerima. Sistem ini menggunakan komputer yang menyediakan mailbox bagi
tiap penggunanya. Surat yang direkam diubah ke digital kemudian disimpan dalam
mailbox storage,ketiak penerima membuka mailboxnya maka pesan suara digital
diubah kembali ke suara analog.
4.fax
Fax
merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk mengirim dokumen dari suatu
lokasi ke lokasi lain melalui saluran telepon. Mesin fax pengirim meng-scan
dokumen mejai signal analog dan kemudian mentransmisikan signal ini melalui
saluran komunikasi (telepon), setelah sampai ditujuan mesin fax penerima akan
mngubah sinyal menjadi cetakn dokumen pada kertas. Komputer daat dilengkapi
dengan modern dan prangkat lunak fax sehingga dapat mengirim dokumen yang dibuat
pengolah kata sebagai dokumen fax.
Implementasi sistem informasi manajemen yang digunakan PT Niaga Swadaya
saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam
meningkatkan efisiensi, efektivitas, komunikasi, kolaborasi, dan daya saing
perusahaan. Namun, sistem informasi yang digunakan saat ini harus terus
dikembangkan dan senantiasa berorientasi ke masa depan. Berikut ini beberapa
hal penting yang perlu diperhatikan agar sistem informasi manajemen yang
digunakan PT Niaga Swadaya senantiasa dapat memberikan keunggulan yang besar
bagi perusahaan.
1. Meningkatkan
kualitas SDM Peran SDM dalam perusahaan tidak dapat digantikan oleh teknologi
secanggih apapun, karena manusia lah yang akan menjadi operator dari teknologi
itu sendiri. Oleh karena itu, SDM yang berkualitas, khususnya dalam bidang
teknologi sistem informasi, sangat diperlukan untuk mendukung berjalannya
sistem informasi manajemen dengan baik.
2.
Membangun sistem forecasting kebutuhan stok PT Niaga Swadaya membutuhkan suatu
sistem yang dapat membantu kecepatan dan ketepatan dalam memproduksi atau
menyediakan barang sesuai dengan permintaan customer. Salah satu sistem yang
dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam menyediakan informasi tersebut
adalah system forecasting
kebutuhan stok. Dengan sistem ini perusahaan dapat memperkirakan jumlah stok
yang harus tersedia sesuai kebutuhan secara akurat. Sistem ini sangat
diperlukan untuk meningkatkan daya jual produk sesuai kebutuhan pembeli dengan
cepat dan tepat, karena potensi loss selling dapat diprediksi sebelumnya.
3.
Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Informasi (TI) Sistem teknologi informasi
yang telah dikembangkan oleh PT Niaga Swadaya harus dioptimalkan penggunaan
sehingga dapat menjadi media komunikasi yang efektif bagi departemen pemasaran
khususnya dan meningkatkan citra perusahaan secara keseluruhan pada umumnya.
Dengan demikian sistem yang dikembangkan tersebut dapat menjangkau tidak hanya
customer di Indonesia saja, namun juga dapat menjaring customer yang berasal
dari luar negeri. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media social
network dan website perusahaan. Performa website yang baik, yaitu dapat diakses
dengan cepat, desain yang menarik, mudah dioperasikan dan penyediaan link
review serta bahasa selain Indonesia (Inggris, Jepang, Jerman atau bahasa
Internasional lainnya) diharapkan akan mampu meningkatkan perkembangan bisnis
PT Niaga Swadaya ke depannya. Pemanfaatan website yang optimal akan memperluas
pangsa pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
4. Membangun sistem Internet Banking
Pengembangan dalam sistem internet banking yang diterapkan perusahaan dapat
memberikan lebih banyak kemudahan bagi para customer dalam melakukan berbagai
transaksi pembayaran, misalnya dengan sistem pembayaran melalui handphone
(mobile).
5.
Meningkatkan Customer Relationship Management (CRM) Pemanfaatan segala bentuk
interaksi dengan customer, baik melalui telepon, email atau masukan di situs
dapat dioptimalkan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk-produk PT
Niaga. Untuk itu, PT Niaga Swadaya perlu memberlakukan sistem CRM ini sebagai
suatu strategi bisnis yang utuh dan menyeluruh yang memungkinkan pengelolaan
hubungan dengan para customer-nya secara efektif. Dengan demikian retensi dan
loyalitas customer akan tercipta karena mereka merasakan kepuasan yang maksimal
atas pelayanan yang diberikan perusahaan. Seluruh program pengembangan tersebut
di atas tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan saja, namun juga
dapat meningkatkan daya saing perusahaan di era pasar global di mana masyarakat
dari seluruh dunia berpeluang untuk menjadi customer PT Niaga Swadaya.
Daftar
pustaka:
Raja,2013 http://badry7.blogspot.com/2013/10/makalah-virtual-office-kantor-maya.html (19
0ktober 2013)
Kelompok
eboni, http://desi47e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2014/01/Implementasi-Sistem-Informasi-dalam-Perusahaan1.pdf
Comments
Post a Comment